01/12/2013

Fitur Baru Microsoft Word 2010

Jika anda seseorang yang memiliki banyak pekerjaan mengetik proposal ataupun laporan, maka anda harus menengok fitur hebat yang ditawarkan oleh Microsoft Office 2010.


Dengan berkembangnya teknologi, Word 2010 menawarkan banyak fitur canggih yang sangat mudah digunakan dan dapat menambah estetika dari dokumen yang kita buat. Lalu, mengapa kita tidak mencobanya?

Berikut ini kami sajikan beberapa fitur baru dari Microsoft Word 2010.

A. Menyimpan Berkas Office dalam Format PDF
Office 2003 dan Office 2007 masih menggunakan aplikasi tambahan agar dapat menyimpan berkas dalam format PDF. Namun pada Office 2010 anda dapat menyimpan berkas dalam format PDF langsung dari fasilitas berkas (file) --> simpan sebagai (save as) --> jenis simpan sebagai (save as type) --> Pilih PDF (*.pdf). Fasilitas ini berguna jika anda ingin membuat arsip ataupun membuat laporan terbuka agar tetap aman (karena berkas .pdf tidak dapat dengan mudah diubah).

Jika anda ingin mencetak berkas serta menampilkannya di layar, pilih Standard (penerbitan online dan pencetakan). Jika anda hanya ingin menampilkan berkas di layar tanpa mencetaknya, Anda dapat meminimalkan ukuran berkas dengan memilih Minimum Size (penerbitan online).


B. Menampilkan Print Screen
Print screen digunakan untuk menampilkan gambar dilayar komputer kedalam dokumen kita. Biasanya jika kita membuat laporan tugas akhir ataupun dokumen sehari-hari. Jika menggunakan cara biasa, kita perlu menekan tombol PrtSc (Print Screen) di keyboard lalu paste langsung ke dokumen atau kita ubah dahulu pengaturan tampilannya di Adobe Photoshop.

1) Lalu bagaimana cara menggunakan fasilitas Print Screen pada Microsoft Office 2010? Berikut ini kami sajikan langkah demi langkah penggunaan Print Screen. 

2) Buka worksheet yang ingin Anda gunakan untuk screenshot.

3) Tampilkan dokumen lagi, dan klik tab Insert. Pada grup Illustrations, klik Screenshot dan pilih Screenshot Clipping. 


4) Worksheet secara otomatis akan ditampilkan. Klik di sudut kiri atas area yang ingin Anda klip, dan tarik di area yang akan disertakan.

5) Saat Anda melepas tombol mouse, daerah tersebut dipotong dan dimasukkan ke dalam dokumen pada posisi terakhir kursor aktif.


C. User Interface yang Menyenangkan
Office 2010 memberikan tampilan penggguna yang nyaman dan inspiratif. Karena dengan menu berbentuk ikon dan galeri akan memudahkan pengguna untuk mengenali fasilitas yang ada, ditambah dengan fasilitas yang kaya desain dan warna. Berikut ini adalah beberapa fasilitas brilian tersebut:

Ms Word 2010 menambahkan sejumlah efek teks yang mudah diterapkan yang membantu pengguna memberikan sentuhan artistik khusus untuk teks dalam dokumen. Sekarang selain menggunakan efek 3-D, pengguna dapat menambahkan beberapa efek sbb: glows, bevels, shadows, reflections, and outlines. Efek ini dapat diterapkan langsung dan seperti teks biasa saat memeriksa ejaan atau mengedit dokumen (tidak perlu masuk ke text box khusus editing).

Selain tab, group, dan tools yang ditampilkan dalam Ribbon selama penggunaan normal, tab kontekstual muncul ketika pengguna melakukan tindakan tertentu dalam file. Fasilitas ini hanya muncul ketika pengguna membutuhkan antarmuka ini. Sebagai contoh, ketika pengguna mengklik sebuah foto dalam dokumen Ms Word 2010, tab Picture Tools kontekstual muncul, menyediakan pilihan yang berkaitan dengan pengaturan gambar.

Grafis SmartArt adalah representasi visual dari informasi dan ide-ide. Pengguna dapat membuat grafik SmartArt dengan memilih dari banyak layout yang berbeda dengan cepat, mudah, dan efektif mengkomunikasikan pesan Anda. Word 2010 telah menambahkan serangkaian perbaikan untuk diagram SmartArt. Pertama, kita melihat dalam editing telah berhasil menyederhanakan proses membuat sebuah diagram seperti yang Anda inginkan. Kedua, bertambahnya opsi editing warna, efek, maupun tipe diagram yang dapat mendukung kebutuhan pengguna.

Dan salah satu perbaikan besar dalam Office 2010 adalah tampilan Microsoft Office Backstage, semacam one-stop shop untuk semua tugas yang berkaitan dengan pengelolaan file dalam Office 2010. Microsoft Office Button pada Office 2007 digantikan oleh tab File. Ketika pengguna mengklik tab File, pengguna akan dibawa ke layar di luar dokumen di mana dapat mengelola informasi file dan menyimpan, berbagi, mencetak, melindungi, dan bekerja dengan informasi versi untuk dokumen.




Ayo, coba Microsoft Office - Word 2010. Sederhana tampilannya, bermacam fasilitas briliannya! Semoga bermanfaat.