04/12/2013

Apa itu Google Drive?

Jika Anda pernah menggunakan Google Docs maka Anda pasti bisa menebak apa fasilitasnya. Tetapi, Google Drive datang dengan banyak peningkatan!



Saya seorang guru yang ingin membagikan berkas materi pelajaran kepada murid saya melalui lampiran (attachment) email. Saya memilih satu persatu kontak murid saya di kontak email, itupun jika punya. Setelah itu saya mengirimkan satu persatu materi tersebut. Lalu jaringan internet saya dan para murid mulai melambat karena pengiriman berkas tersebut. Beraaat...

Tentunya semua hal tersebut tidak perlu terjadi andai saya menggunakan Google Drive. Cloud Computing, layanan penyimpanan sekaligus pengolah data on-line. Setelah mengunggah berkas kedalam akun Google Drive, saya cukup membagikan tautan berkas materi pelajaran tersebut kepada para murid saya. Yang nantinya dapat mereka unduh ataupun baca kapan saja. Hebat!
Google Drive adalah layanan awan yang menjadi dasar untuk penyimpanan file secara online dan ter-sinkronisasi. Dengan ini, Anda dapat meng-upload file ke jaringan secara langsung dari satu PC melalui folder yang dipilih dan segera terhubung pada semua smartphone dan ponsel Anda.

Google Drive menyediakan layanan awan yang agak mirip dengan Dropbox ataupun Box. Tetapi dalam kenyataannya, Google Drive mampu melakukan lebih dari semua layanan tersebut. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan dan mengakses file Anda di mana saja - di web, pada hard drive Anda, ataupun di ponsel. Berikut adalah cara kerjanya:

1. Buka situs google.com untuk masuk ke akun google. Jika Anda belum memiliki akun, maka buatlah akun google terlebih dahulu melalui create an account.

2. Setelah berhasil membuat sebuah akun google, masuk untuk menuju halaman Google Drive di situs drive.google.com.

3. Pasang/ Install Google Drive di komputer atau perangkat lainnya (handphone, tablet, notebook, dll).

4. Masukkan berkas Anda di Google Drive. Sekarang Anda dapat mengaksesnya dari komputer maupun perangkat Anda. Kapanpun.




Google Drive dapat diakses dengan Akun Google dan memberikan 5GB penyimpanan file online gratis kepada setiap pemilik akun Google. Lebih dari 30 jenis file, termasuk Adobe Photoshop, Illustrator dan video HD dapat dilihat langsung dalam browser web tanpa harus mendownloadnya. Sebuah efisiensi yang besar. Dan salah satu fitur uniknya adalah Anda dapat bekerja sama/ kolaborasi dengan orang lain dalam membuat dokumen di Google Docs, Sheets, dan Slides.

Bagaimana? sudah tahu tentang konsep penggunaan Google Drive? Give a try, coba dulu! Pada artikel berikutnya kita akan membahas tentang Fitur Google Drive dan Cara Unduh Berkas dari Google Drive. Sekian, semoga bermanfaat.